17an : Sebuah Nama, Alasan dan Makna
17an : Sebuah Nama, Alasan dan Makna

“Agusman tujuh belasan dot kom” begitu kemarin salah satu komentar temanku saat aku menjadikan logo blogku itu di stori WhatApp milikku. “Apa maksudnya?” kemudian ia lanjut bertanya pada pesan berikutnya.

Aku yang mendapatkan komentar itu dari salah satu temanku hanya nyengir dan tertawa sendiri membacanya sambil melihat kembali logo blogku yang kujadikan stori, “Ah, memang bisa jadi orang-orang membacanya demikian” aku membatin, “tapi biarlah. Bisa jadi ada juga yang paham maksudnya kan?” tanyaku pada diri sendiri, menghibur hati.

Ya, aku santai saja dan tidaklah terlalu menjadi masalah, karena siapa saja boleh membacanya sesuka hatinya, sesuai dengan penafsirannya masing-masing bila ia belum tahu, tapi mudahan-mudahan setelah tahu ia tak mengulang kesalahannya lagi. Hehehehe. Dan, ada kok yang paham dengan maksud nama blogku itu. Tak percaya? Baiklah, aku tahu kok zaman ini yang dibutuhkan adalah bukti bukan hanya sekedar bualan saja.

Nah, buktinya bisa kalian cek sendiri di akun IG pribadiku di @agusman17an. Di sana aku juga mengunggah logo blog baruku (klik di sini) dan salah satu temanku berkomentar di sana, komentarnya begini ; “Mantap Agusman satu tujuan.com” Benarkan ada juga yang paham cara membacanya. Hehehehe

Baiklah. Karena ingin meluruskan dan agar tak ada yang salah lagi cara membacanya. Di sini aku bahas tuntas kenapa nama blogku demikian dan apa pula alasan hingga aku memilih nama itu. Cieeeeee. Anggap saja penting ya kawan. Meski pun temanmu ini bukanlah orang yang penting. Hehehehe

Sekali lagi aku tegaskan cara bacanya bukan : “Agusman tujuh belasan dot kom” tapi bacalah dengan benar yakni, “Agusman satu tujuan dot com

Ya, angka tujuh belas di belakang namaku itu cara bacanya dipisah, satu dulu baru tujuh, kemudian dilengkapkan dengan akhiran an. Jadi baca lengkapnya Satu Tujuan” jangan pula dibaca “Satu Tujuhan” Ya untuk pemanislah istilahnya, hilangkan saja huruf H di belakang angka 7 itu. Toh kadang memang sesekali kita harus menghapus sesuatu yang ingin kita hapus. Seperti juga di antara kalian yang mungkin sering menghapus salah satu ingatan tentang mantanmu. Hehehehehe

Lantas, kenapa aku sematkan angka 17 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan menjadi nama blogku?

Ada tiga alasan kenapa aku kemudian memilih angka 17 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan menjadi nama blogku.

Pertama, Ya, mungkin di antara kalian sudah ada yang tahu kalau aku di ahirkan pada tanggal 17. Nah salah satu alasanku memilih 17 kujadikan namaku ya itu. Pasti kalian setuju kalau tanggal lahir menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Nah, alasan pertama adalah aku lahir di tanggal 17.

17 Tanggal Lahirku
17 Tanggal Lahirku

Kedua, Kau tahu aku dilahirkan di rumah nomor berapa? 17? Ya, aku lahir di rumah bernomor 17 dan aku lahir pada tanggal 17 pula. Tepatnnya di rumah Bapak dan Ibuku, di Jalan Puri Tujuh RT.009 / RW.001 Kelurahan Tagaraja. Ya, di rumah nomor 17 itulah aku dilahirkan dan dibesarkan.

17 Nomor Rumahku di Sungai Guntung
17 Nomor Rumahku di Sungai Guntung

Rumah bernomor 17 itu sangat penting bagiku. Di rumah itulah aku dan keluargaku dapat beristirahat dengan nyaman, dapat berteduh dari teriknya panas matahari di kala pagi, siang hingga sore dan malam hari. Rumah bernomor 17 itu pula tempat kami berteduh saat derasnya hujan di siang dan malam hari.

Rumah nomor 17 itu menjadi sejarah tersendiri bagiku. Sejarah yang tak akan pernah aku lupakan hingga menjelang mati. Di rumah nomor 17 itulah aku mulai belajar merangkak hingga mampu berdiri, berjalan lancar dan berlari-lari seperti saat ini. Di rumah nomor 17 itu pula aku diajarkan mengeja huruf hijaiyah, membaca dan menulis huruf hingga kata-kata dan belajar berhitung dan menulis bilangan angka 0 hingga 10. Bahkan sampai pada aku bisa membaca dan menulis seperi ini pun salah satunya dimulai dari rumah bernomor 17 itu.

Di rumah nomor 17 itu pula aku mulai belajar shalat, dari niat hingga salam. Belajar berwudhu dari mencuci tangan hingga membasuh kaki. Di rumah nomor 17 itu aku tidak hanya diajarkan tentang teori tapi lebih banyak praktek dan keteladanan dari Bapak dan Emakku. Sungguh, semuanya akan aku ingat selalu, akan aku jadikan memori yang tak lekang oleh waktu. Karena semuanya amat sangat berkesan dan karena di rumah nomor 17 itu pula aku dan keluarga kecilku disatukan oleh Takdir Tuhan. Nah, alasan kedua aku menyematkan 17 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan adalah karena aku di lahirkan di rumah bernomor 17.

Ketiga, Alhamdulillah, akhir tahun 2015 aku dan keluargaku membeli rumah di Batam bertetanggaan dengan tanteku. Kau tahu berapa nomor rumah itu? Ya, lagi-lagi nomor rumah itu adalah 17. Tepatnya di Tunas Ragency Perumahan Jasmine Blok S Nomor 17 Batu Aji, Batam. Di rumah itu kami sekeluarga punya mimpi. Mimpi yang tak perlu kurincikan di sini. Nah, alasan ketiga aku menyematkan 17 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan adalah karena aku dan keluargaku punya mimpi di rumah baru kami, rumah bernomor 17.

17 Nomor Rumahku di Batam
17 Nomor Rumahku di Batam

Tidak hanya itu, alasan aku menyematkan 17 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan di nama blogku adalah karena aku memang menyukai angka 17. Angka itu unik dan sangat menarik bagiku. Pun bila membacanya satu tujuh dan angka itu kemudian dijumlahkan maka akhirnya akan berjumlah delapan. Ya, delapan sama pula dengan bulan lahirku bulan delapan, bulan Agustus.

8 adalah angka istimewa, namun bukan berarti angka lainnya tidak istimewa pula. 8 adalah angka keramat bagi bangsa Indonesia. 8 adalah bulan lahir kemerdekaan Indonesia ketika Indonesia lepas dari belenggu penjajahan. Di bulan ke 8 proklamasi kemerdekaan dan saat itu kita telah merdeka.

Angka 8 Istimewa Bukan Berarti Angka Lain Tak Istimewa
Angka 8 Istimewa Bukan Berarti Angka Lain Tak Istimewa

Lihat pula, angka 8 adalah angka yang tidak membosankan karena bentuknya juga menarik. Itu artinya aku harus inovatif dan kreatif dalam menyusun konten diblogku. Isi tulisan di blogku haruslah menarik juga, sebisa mungkin menarik perhatian pengunjung untuk membaca tulisanku lebih banyak lagi.

Bukan kah angka 8 selalu konsisten? Ya, ia akan selalu sama bila dilihat dari sudut manapun. Itu mengisyaratkan agar aku juga harus tetap konsisten dalam ngeblog, tak peduli tulisanku dibaca atau tidak, disukai atau tidak, dikomentari atau tidak, aku tetap harus konsisten menulis, yang dalam artian aku tidak mudah terpengaruh oleh apapun. Kenapa aku harus konsisten menulis? Karena aku ingin mengabadi lewat karyaku. Ya,
“Menulis adalah bekerja untuk keabadian” begitu tulis Pramoedya Ananta Toer

Lihat pula di antara angkat 1 hingga 10 hanya angka 8 yang cara menulisnya tidak terputus. Itu mengisyaratkan agar aku tak boleh berputus asa dalam mengembangkan blogku ini.

Nah, itu pula aku suka angka 17 dan bila di pisah kemudian di jumlahkan hasilnya pun mendapatkan angka yang luar biasa, angka 8 yang juga syarat akan maknanya.

Lalu, apa makna 17 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan itu?

Satu Tujuan. Ya, aku memiliki Satu Tujuan dalam hidup. Satu Visi dan Tujuh Misi.

Satu sebagai Visi adalah : Hidup Berjaya dan Dirindukan Syurga. Bagaimana cara untuk mewujudkannya? Caranya ya dengan melalui jalan tujuh Misi yang kutekatkan dalam diri, yaitu : 1) Melangitkan Do’a. 2) Menguatkan Usaha. 3) Pantang Berkata Tidak Pada yang Mengembangkan Diri. 4) Pantang Mengeluh dan Harus Selalu Tangguh. 5). Beribadah Kepada Tuhan Adalah Hal Yang Paling Utama. 6) Berusaha Meberikan Kebaikan Kepada Sesama. 7) Bersabar dan Bersyukur Sebagai Benteng Dalam Segala Hal.

Makna Tersirat di dalam 17an
Makna Tersirat di dalam 17an

Kawan, itulah alasanku memilih angka 1 dan 7 tambah akhiran an yang dibaca Satu Tujuan menjadi pilihanku untuk kujadikan nama blogku dan nama pena pada karyaku. Dan, itulah makna dari angka 1 dan 7 diakhiri dengan akhiran an yang dibaca Satu Tujuan pada belakang nama blogku dan nama pena pada karyaku.

Bagaimana ada masukan? Apakah kalian setuju? Jadi sudah tahu kan cara membaca nama blogku? Ya, Sang Nara Blog Agusman Satu Tujuan Dot Com

17an : Sebuah Nama, Alasan dan Makna

agusman17an.com

Pemuda Yang Bermimpi Hidupnya Berjaya, Bangsanya Berdaya dan Dirindukan Syurga

2 gagasan untuk “17an : Sebuah Nama, Alasan dan Makna

  • Desember 1, 2019 pukul 11:15 am
    Permalink

    Bang, saya bacanya Agusman tujuh belasan. Eh, rupanya Agusman Satu Tujuan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *